Friday, 25 November 2016

Kening Pejabat BLHKP Robek

MUSIBAH:Tampak dahan dan ranting masih berserakan di lokasi. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Pekerjaan pemotongan dahan kayu dadap berduri di Jalan Ahmad Marzuki Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup berubah menjadi musibah. Kabid Pertamanan BLHKP RL, Roni yang sedang sedang memantau proses pemotongan terkena ranting hingga mengakibatkan luka robek di kening. Peristiwa terjadi Kamis (24/11) sekira pukul 14.25 WIB.

Diungkapkan Darwin Harahap, pemilik rumah yang  berada tepat di depan pohon, peristiwa terjadi saat salah satu dahan jatuh menimpa ranting yang berada di bawah. Ranting itu terpelanting ke bagian belakang mobil miliknya setelah itu baru mental lagi dan mengenai kening Roni. "Untunglah ranting tadi mengenai mobil dulu, kalau idak tadi mungkin ranting tu nancap di kening pak Roni. Sebab ranting tu tajam," ujar Darwin.

Melihat kening korban banyak mengeluarkan darah, ia bersama beberapa pekerja dari BLHKP langsung membawa korban ke RSUD Curup untuk mendapat perawatan medis. "Jarak Pak Roni dengan pohon itu sudah jauh, tapi ranting itu tampaknya memang mengincar kening Pak Roni, padahal di sebelah Pak Roni ada seorang pekerja yang jaraknya lebih dekat," tutur Darwin.

Darwin menambahkan pohon dadap berduri yang berada di pinggir jalan Ahmad Marzuki tepat di depan rumahnya itu kondisinya sudah lapuk akibat termakan usia. Diperparah lagi bagian pangkal batangnya pernah terbakar. Sehingga perlu dilakukan peremajaan kembali. Namun ia menyarankan jika harus dilakukan peremajaan, sebaiknya jangan pohon dadap sebab dahannya mudah patah. "Silahkan saja lakukan penghijauan di pinggir jalan, tetapi cari yang kayunya tahan dan tidak mudah patah," harap Darwin.

Sementara itu, Doni salah seorang pekerja dari BLHKP ketika ditemui di IGD RSUD Curup mengungkapkan penebangan dahan menggunakan mesin chainsaw. Awalnya pemotongan bejalan lancar. Namun saat dahan kayu jatuh, saat bersama mengenai kening Roni yang berada di teras rumah. Ternyata dahan yang jatuh tadi membuat ranting yang ada di tanah terpelanting hingga mengenai kening korban.
“Kejadiannya begitu cepat. Tiba-tiba saja kening Pak Roni sudah berdarah. Makanya kami menghentikan pemotongan dan mengantarkan Pak Roni ke RSUD Curup. Selama ini Pak Roni memang sering ikut dalam memotong kayu guna mengantisipasi jatuhnya dahan dan ranting kayu," ujar Doni. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kening Pejabat BLHKP Robek Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai