Monday, 7 November 2016

BUMD Harus Jadi Solusi Masyarakat

DEDI DHARMAWANGSA
CURUP RPP - Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Dedi Dharmawangsa M.Si menilai, sejauh ini peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terhadap pemberian solusi dari berbagai persoalan di masyarakat, belum maksimal. Oleh karena itu, Kadin berencana berdiskusi dengan seluruh BUMD tersebut, supaya ke depan bisa benar-benar dekat dengan masyarakat dan memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.
"BUMD harus menjadi solusi bagi masyarakat, jadi bukan murni bisnis saja. Karena BUMD juga mendapatkan support dana berupa penyertaan modal dari pemerintah daerah. Oleh karena itu mereka harus berperan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan memberikan solusi masyarakat disetiap permasalahan yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis atau berkaitan dengan bentuk bisnis BUMD tersebut," kata Dedi.

Pria yang juga pengusaha muda sukses di RL itu menjelaskan, misalnya terjadi kelangkaan kebutuhan masyarakat atau terjadinya inflasi yang cukup tinggi. Disana BUMD harus berperan mencari solusi untuk menekan angka inflasi tersebut bekerjasama dengan SKPD terkait. Sehingga masyarakat terbantu dan fungsi BUMD benar-benar berjalan sesuai dengan harapan masyarakat.
"Jadi BUMD harus bergerak, bukan hanya diam dan selalu berfikir dengan konsep bisnis yang menguntungkan mereka saja. Tapi juga harus dilihat bagaimana aspek manfaat keberadaan BUMD itu untuk masyarakat RL selaku penyuplai penyertaan modal mereka. Apalagi sekarang sudah ada dana desa, saya harap dana itu bisa dimanfaatkan dengan membuat BUMDes, sehingga desa-desa di RL ini bisa mandiri untuk memberdayakan masyarakatnya," paparnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: BUMD Harus Jadi Solusi Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai