Friday, 25 November 2016

Berbagai Etnis Menyatu di Pojok Kamtibnas

MENYATU: Perwakilan dari berbagai etnis saat menghadiri silaturahmi di pojok kamtibmas Polres RL. Foto: Dokumen Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK kembali menggelar kumpul bareng bertajuk silahturahmi kebhinekaan. Kegiatan yang berlangsung santai di pojok kamtibmas itu dihadiri perwakilan dari berbagai etnis yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Mulai dari Rejang, Jawa, Batak, Lampung, Palembang, Minang, Kerinci, Aceh, dan sebagainya.

Kapolres mengungkapkan kegiatan ini sengaja digelar dengan santai dan tidak terlalu formil agar obrolan dan diskusi ringan membahas berbagai agenda demi mempererat kebhinekaan bisa berlangsung lebih cair. Perwakilan dari berbagai etnis juga bisa lebih leluasa menyampaikan saran, masukan bahkan unek-unek yang selama ini belum tersalurkan ke pihaknya.
“Keberagaman etnis atau suku yang ada di Indonesia merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Apalagi selama ini antara suku yang satu dengan yang lain bisa hidup rukun berdampingan. Begitu juga di Rejang Lebong. Kita ingin indahnya kebersamaan dan kerukunan ini bisa terus terjaga,” ujar Kapolres. 

Melalui agenda seperti ini, diharapkan juga bisa menjadi upaya pencegahan jangan sampai terjadi perpecahan antar suku, agama, ras dan golongan. “Upaya pencegahan harus dilakukan sedini mungkin dan harus dilakukan bersama-sama semua elemen masyarakat,” pungkasnya. 

Salah seorang perwakilan etnis Aceh, Jarimin mengapresiasi kegiatan ini. Menurut dia, lewat kegiatan seperti ini mereka bisa mengenal lebih dekat dengan jajaran petinggi Polres Rejang Lebong. “Selama ini kami tidak pernah tahu atau kenal dengan kapolres. Sebab kegiatan seperti ini tidak pernah dilakukan. Sekarang sudah bisa mengobrol dan bertatap muka langsung dengan pak kapolres,” ujar Jarimin

Ia juga menilai banyak sisi positif dari kegiatan ini. Salah satunya masing-masing etnis bisa berkumpul dan saling mengenal. Selain itu,  meski kegiatannya sederhana hanya duduk-duduk dan mengobrol sambil menikmati kopi dan makanan ringan, itu sudah cukup untuk menyuarakan keinginan dan aspirasi mereka kepada penegak hukum.
"Sikap aparat yang demikianlah yang dibutuhkan masyarakat. Penegak hukum ternyata bukan momok yang menakutkan. Setelah dekat dan kenal, ternyata pak polisi sangat santun dan ramah," tutur Jarimin. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Berbagai Etnis Menyatu di Pojok Kamtibnas Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai