Tuesday, 8 November 2016

Belanja Pegawai 60 Persen dari APBD

WAHONO
CURUP RPP - Dari tahun ke tahun APBD Kabupaten Rejang Lebong (RL) selalu terbebani dengan belanja gaji pegawai. Menurut anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD RL H. Wahono SP, total belanja pegawai RL mencapai 60 persen dari total belanja. Padahal jumlah ideal suatu belanja daerah yakni belanja pegawai 40 persen dan 60 lainnya untuk belanja barang dan jasa.

Terkait hal ini, ia meminta BKD dan Bagian Organisasi Setdakab segera melakukan langkah-langkah pendataan jumlah pegawai sehingga datanya jelas dan akurat. Mengingat jumlah pegawai di RL saat ini hampir menyamai dengan jumlah PNS di Pemprov Bengkulu.

Disamping itu, Wahono juga menyarankan Pemda RL menerapkan sistem elektronik pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh pegawai atau e-Goverment pada 2017 ini. Sehingga seluruh PNS yang jumlahnya cukup banyak itu bisa terlihat jelas atau terukur outputnya untuk daerah.
"Sekarang semuanya baru menggunakan asumsi, jadi dalam KUA PPAS itu semuanya masih menggunakan asumsi anggaran yang lama. Seperti DAU (Dana Alokasi Umum) itu berkisar 640 miliar termasuk PAD juga menggunakan asumsi di APBDP lalu, yakni sebesar 75 miliar. Tapi anehnya, sekarang sudah banyak SKPD meminta kenaikan anggaran, padahal belum sampai di situ pembahasan kita. Silahkan mereka memintanya ke TAPD, karena KUA PPAS ini murni dari eksekutif belum dari dewan," pungkasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Belanja Pegawai 60 Persen dari APBD Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai