Sunday, 6 November 2016

Awas, Perampok Nyamar Nasabah

DIRINGKUS: Dua pelaku, Ro dan An serta barang bukti dua pistol yang berhasil diamankan dari tangan pelaku. Tampak Pasutri korban perampokan, Herli dan Rita ketika mendatangi Mapolres BU.
BENGKULU UTARA RPP - Aksi perampokan yang terjadi Kamis (3/11) kemarin, selain sudah direncanakan, ternyata skenario tiga kawanan rampok ini cukup rapi. Dimana satu pelaku berinisial An (23), warga Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, memiliki peran beroperasi di dalam bank dan menyamar menjadi nasabah. Sementara dua rekannya, yakni Mi (22), pemuda asal Musirawas dan RD (28), warga asal Kabupaten Rejang Lebong berperan sebagai eksekutor di luar bank.

Dalam press release pada Jumat (4/11) kemarin, Mi menuturkan bahwa Ia dan RD sempat menunggu korban di parkiran kendaraan Bank BRI Cabang Arga Makmur dan menunggu intruksi dari An. Tak lama kemudian, An menelpon bahwa korban yakni Rita dan Herli, keluar dari bank membawa uang sebesar Rp 35 Juta. Dari sanalah Mi dan RD bergerak membuntuti korban dengan mengendarai sepeda motor ke arah Gunung Selan, Arga Makmur.

Dalam perjalanan, Mi mengaku sempat menodongkan Air Sofgun dan revolver palsu ke arah korban dan meminta paksa korban menyerahkan uang. "Kami kabur saat korban melawan dan banyak massa berdatangan," tutur Mi.

Kepada awak media, Mi juga mengatakan bahwa aksi perampokan ini baru pertama kali dilakukan. Rencananya, uang hasil merampok itu akan
digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Jujur saya menyesal Pak, dan tidak akan mengulanginya lagi," singkatnya.

Sementara Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andhika Vishnu S.Ik tetap berupaya melakukan penyidikan serta pengembangan. Pihaknya juga menduga jika tiga pelaku tersebut memiliki rekanan di wilayah Kabupaten BU yang memiliki peran penting. "Saya jamin, mereka ada yang mengarahkan, dan itu orang kita di sini. Ini tetap akan kami selidiki," tegas Andhika.

Selanjutnya, Andhika berharap kepada An yang masih buron untuk segera menyerahkan diri pada pihak kepolisian. Kendati demikian, pihaknya optimis berhasil menangkap An dalam waktu dekat. "Sebaiknya menyerahlah, karena identitas Anda sudah kami kantongi," demikian Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pelaku yang bernama Robi dan Andi, ternyata hanya tipuan para pelaku. Setelah dicek melalui kartu identitasnya, dua pelaku adalah Mi yang beralamatkan di Dusun I Desa Megang Sakti Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musirawas. Sedangkan RD beralamat di Jalan Bakti Osis II Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong. Dari tangan kedua pelaku, polisi mengamankan sepeda motor Honda CBR BG 5485 EU, satu pucuk senpi rakitan jenis Revolver serta 3 butir peluru organik kaliber 38, dan satu pucuk Air Softgun berikut peluru gotri dan tabung gasnya. (paj)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Awas, Perampok Nyamar Nasabah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai