Tuesday, 29 November 2016

Ada Tujuh Kawasan Dilarang Merokok


CURUP RPP – Diterbitkannya perda larangan merokok merupakan salah satu upaya menjadikan Rejang Lebong yang sehat sesuai dengan visi misi bupati. Jika mengacu pada Peraturan Bupati Rejang Lebong Nomor 20 tahun 2007 tentang Kawasan Dilarang Merokok, ada tujuh kawasan dilarang merokok yang jika dilanggar bakal dikenakan sanksi. 

Tempat larangan merokok itu yakni diseluruh tempat pelayanan kesehatan, dalam kelas tempat proses belajar mengajar, dalam ruangan tempat/arena bermain anak-anak, dalam ruangan kerja/kantor pemerintah/swasta, dalam ruangan tempat ibadah, dalam angkutan umum dan di ruangan tempat-tempat umum yang tertutup.
"Kalau lokasinya kemungkinan tidak akan ada perubahan, hanya saja nanti ditambahkan sanksinya supaya ada efek jera bagi yang melanggarnya. Ini merupakan salah satu komitmen mewujudkan Rejang Lebong yang sehat," ungkap Kabag Hukum Setdakab RL, Pranoto Majid, SH, MM.

Dalam Perbup juga dijelaskan bahwa  pimpinan dan/atau penanggung jawab, dapat menyediakan tempat khusus untuk merokok sebagai kawasan merokok. Kemudian pada Pasal 12 dikatakan bahwa pimpinan instansi pemerintah dan instansi non pemerintah wajib melakukan pembinaan atas pelaksanaan pengendalian rokok bagi kesehatan dengan mendorong dan menggerakkan perilaku tidak merokok,  terwujudnya kawasan bebas rokok, meningkatkan gerakan masyarakat untuk mensosialisasikan bahaya rokok bagi kesehatan pembinaan atas penyelenggaraan pengamanan rokok bagi kesehatan dilaksanakan melalui pemberian dan penyuluhan, dan pengembangan kemampuan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat secara berkesinambungan.

Sedangkan pada Pasal 2 Perbup Nomor 20 menjelaskan mengenai tujuan penetapan kawasan dilarang merokok tersebut. Yakni guna menurunkan angka kesakitan dan/atau angka kematian yang disebabkan merokok dengan cara mendorong kebiasaan masyarakat untuk melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Meningkatkan produktivitas kerja yang optimal, menurunkan angka perokok dan mencegah perokok pemula serta mendorong terwujudnya Kabupaten Rejang Lebong Sehat. (yon)

 Berikut Tempat-tempat Dilarang Merokok:
1. Diseluruh tempat pelayanan kesehatan
2. Di dalam kelas tempat proses belajar mengajar
3. Di dalam ruangan tempat/arena  bermain anak-anak
4. Di dalam ruangan kerja/kantor pemerintah/swasta
5. Di dalam ruangan tempat ibadah
6. Di dalam angkutan umum
7. Di ruangan tempat-tempat umum yang tertutup

*Sumber : Peraturan Bupati Rejang Lebong Nomor 20 tahun 2007 tentang Kawasan Dilarang Merokok
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Ada Tujuh Kawasan Dilarang Merokok Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai