Wednesday, 5 October 2016

Wajib Bisa Mengaji Mulai Tahun Depan

ZAKARIA EFENDI
CURUP RPP – Program wajib bisa mengaji bagi seluruh pelajar saat akan masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) bakal direalisasikan tahun depan. Penegasan ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan RL, Zakaria Effendi M.Pd.
"Kita sudah melakukan sosialisasi saat rapat komite dan keseluruh sekolah-sekolah. Bahwasanya mulai tahun ajaran 2017/2018 nanti bagi siswa yang akan masuk SMP atau SMA sederajat maka salah satu persyaratannya harus bisa mengaji. Jadi nanti di sana kita tes, nah untuk yang tidak bisa mengaji apakah akan dinyatakan tidak lulus atau dilakukan pembinaan terlebih dahulu itu masih kita kaji," ujar Zakaria.

Guna mencapai syarat tersebut, Zakaria menyarankan agar para orang tua murid baik yang masih SD maupun SMP sebaiknya secepatnya memberikan pendidikan pengajian Al-Quran baik melalui privat ataupun dalam bentuk TPA. Sehingga lebih memudahkan siswa dalam belajar mengaji.
"Masih ada waktu, namun pada dasarnya mendidik anak supaya bisa mengaji itu sebuah keharusan. Tidak hanya saat akan masuk sekolah saja. Makanya akan lebih baik jika pendidikan mengaji atau pendidikan agama itu sudah diterapkan sejak dini, karena agamalah yang akan membimbing hidup manusia ini supaya selalu dijalan Allah," pungkasnya.

Di sisi lain, rencana tersebut juga mendapatkan dukungan dari anggota Komisi I DPRD RL, H A A Khadir Harahap. Alasannya sesuatu hal mengenai penguatan agama itu sangat bagus, karena sudah pasti bakal berdampak pada perbaikan moral masyarakat.
"Kami sangat mendukung rencana tersebut, namun yang perlu diingat di RL ini bukan hanya penduduk islam saja, namun ada agama lainnya. Mereka tidak boleh kita diskriminasi, kami menyarankan agar kepada mereka selain muslim diberikan kewajiban lain sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. Semoga dengan program ini kedepan generasi penerus kita memiliki akhlak yang baik untuk kemajuan RL," kata politisi Golkar tersebut. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Wajib Bisa Mengaji Mulai Tahun Depan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai