Wednesday, 19 October 2016

SD 06 Pinang Belapis Butuh Perhatian

Kursi dan Meja Minim, Duduk di Lantai
 
Kondisi SD 06 Pinang Belapis. Foto: Zulkifli Radar Pat Petulai.
PINANG BELAPIS RPP- Sarana Prasarana di SD 06 Pinang Belapis di Desa Sungai Lisai, hingga kini masih sangat kurang. Baik ruang belajar, maupun meja dan kursi. Sehingga para murid dari kelas berbeda, harus berbagi ruangan untuk menerima pelajaran dari guru mereka. Bahkan ada juga murid-murid yang duduk di lantai saat belajar. Pembagian ruang kelas dialami murid kelas III dan kelas IV. Hal ini dibenarkan Kepala SD 06 Pinang Belapis, Arbiah S.Pd.
"Jumlah murid sebanyak 45 orang dan kita hanya memiliki 5 ruang belajar. Sehingga murid kelas III dan kelas IV harus digabungkan. Ruang kelas kita sekat menjadi 2 bagian agar semua siswa bisa belajar," ujar Arbiah.

Menurutnya, murid kelas 1 dan kelas 2, juga terpaksa belajar lesehan alias duduk di lantai. Karena kursi dan meja milik sekolah sudah banyak yang rusak. "Sarana dan prasara yang kita miliki memang banyak kurang. Tapi untuk kegiatan belajar tidak bisa dihentikan. Jadi terpaksa kita minta anak-anak duduk di lantai saat belajar, ujarnya.

Untuk diketahui, bangunan SD ini sebagian besar dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin sebelum Desa Sungai Lisa bergabung dengan Kabupaten Lebong, tahun 2009 silam. Memang ada bangunan yang dibangun Pemkab Lebong, yakni sebanyak 3 ruangan. Dua ruangan dijadikan ruang kelas dan 1 ruangan lagi untuk ruang guru.

Arbiah berharap, ke depan Pemda Lebong melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dapat menambah bangunan dan melengkapi fasilitas meja dan kursi. "Harapan kita ada penambahan ruangan kelas dan penambahan fasilitas lain. Usulan sudah pernah kita ajukan. Mudah-mudahan dengan adanya kunjungan Bupati Lebong ke Desa Sungai Lisai, pembanguan ruang kelas dan penambahan fasilitas bisa diprioritaskan," harapnya.

Di sisi lain, Arbiah juga berhap Pemda Lebong dapat mendirikan SMP 1 Atap di Desa Sungai Lisai. Salah satu tujuannya, mengurangi tingginya angka putus sekolah. Ia menilai, pendirian SMP 1 atap sangat diperlukan. Karena anak-anak yang sudah tamat SD, banyak yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Contohnya pada tahun 2015 silam, ada 6 orang yang telah lulus SD tapi tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP. Faktor penyebab mereka putus sekolah, karena orang tua mereka tidak mampu membiayai pendidikan di daerah lain. Sedangkan di Sungai Lisa tidak ada SMP. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: SD 06 Pinang Belapis Butuh Perhatian Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai