Tuesday, 4 October 2016

Sambang Desa, Kapolres Bagikan Nomor Ponsel

Napitupulu Yogi Yusuf
CURUP RPP – Di awal kepemimpinannya, Kapolres RL, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK langsung membuat terobosan dengan melakukan program sambang desa. Dalam program ini, Kapolres juga membagi-bagikan nomor handphone kepada setiap masyarakat yang ditemui.

Ditemui RPP kemarin, pria yang biasa disapa Yogi ini mengaku kegiatan sambang desa ini sudah ia terapkan selama menjadi Kapolres Bengkulu Selatan. Dan dampak dari kegiatan ini sangat positif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. Lewat kegiatan ini, pihaknya bisa langsung menjaring aspirasi dari masyarakat, selain itu juga menjadi ajang silaturahmi. "Di Bengkulu Selatan ada 160 desa, dalam 4 bulan saya sudah sambangi satu per satu, makanya saya juga akan terapkan di Kabupaten Rejang Lebong," ujar Yogi.

Namun, sambung Yogi, mengingat wilayah Rejang Lebong yang luas dan masyarakatnya banyak yang petani, maka dalam program ini ia sengaja melakukan jemput bola dengan mendatangi langsung tiap-tiap desa dan memberikan pesan kantibmas kepada masyarakat bersama Kasat Binmas. "Tujuan saya ke desa-desa untuk mengetahui secara riil kondisi warga juga mempermudahkan akses Polres memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dapat menjalankan program kapolri," ujar Yogi.

Ditambahkan Yogi, sembari melakukan kunjungan ke desa-desa, ia juga membagikan nomor handphonenya kepada masyarakat. Sehingga jika ada kejadian bisa langsung menghubunginya. Sebab jika harus korban melapor dengan datang langsung membutuhkan waktu, sedangkan pelaku tindak kriminalitas secepat kilat kabur. Namun meski sudah melapor secara lisan, tetaplah prosedur pelaporan tetap dilakukan. "Kita sangat terbuka, gunakan pelayanan yang mudah ini dengan sebaik-baiknya. Saya juga minta kalau ada anggota saya yang berbuat melanggar hukum silahkan saja laporkan ke saya, sebab saat ini sudah era keterbukaan," tegasnya.

Secara umum kapolres melihat situasi Rejang Lebong sudah sangat kondusif dan aman. Karena itu sudah menjadi tanggungjawab dirinya untuk mempertahankan kondisi aman dan kondusif yang saat sudah tercipta.(wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sambang Desa, Kapolres Bagikan Nomor Ponsel Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai