Thursday, 20 October 2016

RL Bersiap untuk e-Goverment

KHIRDES LAPENDO PASJU
CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak ingin ketinggalan. Oleh karena itu, saat ini mereka tengah mempersiapkan untuk elektronik goverment (e-Goverment). Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL Khirdes Lapendo Pasju S.STP M.SI, beberapa waktu lalu telah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antaran Pemda RL dengan pemerintah pusat terkait e-Goverment.
"Beberapa waktu lalu sudah ada MoU dengan pemerintah pusat terkait hal itu. Tentu kita saat ini sedang melakukan persiapannya. Karena itu merupakan program pemerintah Indonesia untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang maksimal," ujar Khirdes.

Ia memaparkan, sebenarnya banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan oleh pemerintah daerah dang juga masyrakat jika sistem e-Goverment tersebut benar-benar diterapkan. Diantaranya dapat membentuk jaringan informasi dan transaksi pelayanan publik yang berkualitas, cepat, dan terjangkau oleh masyarakat luas.

Kemudian dapat membentuk sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien memberikan layanan yang lebih baik pada masyarakat. "Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi yang mudah diperoleh. Jadi adanya e-Government diharapkan pelaksaan pemerintah akan berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintah dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi," paparnya.

Efisien waktu menurut Khirdes juga pasti bisa dilakukan jika benar-benar menerapkan sistem e-Goverment. "Jika pada saat kita belum menerapkan sistem itu kita membutuhkan 10 orang untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Sudah pasti, dengan sistem ini karena semuanya berbasis tekhnologi, menggunakan aplikasi maka bisa hanya dikerjakan 1 orang saja, itu lebih efisien," tukas Khirdes. (yon)

  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: RL Bersiap untuk e-Goverment Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai