Wednesday, 19 October 2016

DMHB, Destinasi Wisata Nasional

TANAM POHON: Wabup RL H Iqbal Bastari SPd MM saat melakukan penanaman pohon di sekitar kawasan DMHB. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
SELUPU REJANG RPP - Masyarakat dan Pemerintah Daerah Rejang Lebong (RL) patut berbangga hati. Pasalnya objek wisata Danau Mas Harun Bastari (DMHB) menjadi salah satu Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN). Di Provinsi Bengkulu ini hanya ada dua daerah, yakni Kota Bengkulu dengan destinasi wisata Pantai Panjang dan Rejang Lebong dengan destinasi wisata DMHB. Hal ini dikatakan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu H Towian Sahil.
"Ini menjadi tantangan bagi kita untuk terus mengoptimalkan potensi DMHB. Karena ketika sudah masuk program KPPN dan sudah pasti menjadi prioritas pembangunan pariwisata nasional. Sehingga Disbudpar harus rajin melakukan usulan follow up soal anggaran untuk pembangunan ini," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) RL, Heni Kurniati, SE, MM mengaku sangat senang. Sebab dengan masuknya DMHB dalam KPPN harapan DMHB menjadi destinasi wisata berkelas nasional bisa segera terwujud.
"Tentunya ini menjadi kabar baik baik pariwisata kita. Nantinya objek wisata ini akan kita rancang memiliki rumah makan terapung, air mancur tertinggi se-Indonesia dan taman mininya Rejang Lebong. Sehingga di sini akan tergambar berbagai etnis yang ada di daerah kita, sehingga benar-benar bisa memikat para wisatawan untuk datang ke sini," kata Heni.

Sementara itu, Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI, Ir. Bambang Heryanto yang datang mewakili anggota DPR RI Dapil IV Susi Marleni Bacsin dalam kegiatan Sapta Pesona Indonesia, Pembagian Alsintan dari Kementrian Pertanian dan Bersih-bersih kawasan DMHB, Selasa (18/10) di objek wisata DMHB mengatakan, pemberian alat dan mesin pertanian tersebut merupakan realisasi aspirasi masyarakat RL.
"Kami memenuhi janjinya dengan memberikan fasilitas pertanian untuk petani. Alsintan ini merupakan aspirasi bapak ibu sekalian yang dibawa ke pusat yang dibawa oleh ibu Susi. Tidak ada ajuan yang kita tolak, semuanya kita akomodir. Jadi ini merupakan bantuan Alsintan yang bersumber dari dana APBN melalui Dirjen Sarpras Kementrian Pertanian yang diperjuangkan oleh ibu Susi Marleni Bachsin di komisi IV DPR RI," ujarnya.

Sedangkan dalam sambutannya, Wabup RL, H. Iqbal Bastari, S.Pd, MM mengatakan, keindahan dan kesejukan itu kodrat, dan RL mendapatkan karunia itu. Namun masyarakat perlu menambahnya dengan keamanan, ketentraman dan kenyamanan.
"Objek wisata kita ini harus kita kembangkan bersama-sama. Bukan hanya di DMHB ini, tapi juga potensi wisata lainnya. Karena daerah lain seperti Sumatera Utara, Bali, Yogyajarta dan lain sebagainya itu bisa maju karena pariwisata. PAD mereka besar dari sektor pariwisata," kata Wabup.

Di sisi lain, terkait bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian tersebut menurutnya merupakan bantuan dari dana aspirasi sekaligus menjadi inspirasi bagi kita semua. "Semoga alat ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Tapi jangan dijual, karena alat ini sebagai inspirasi untuk meningkatkan produksi beras daerah ini. Kita sudah diberikan tanah yang subur dan peralatan yang canggih maka tidak ada alasan pertanian kita tidak maju," pungkasnya.

Setelah acara resmi kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon disekitar DMHB, kemudian bersih-bersih diseluruh kawasan DMHB oleh sekitar 300 orang yang terdiri dari pelajar, mahasiswa dan para PNS. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: DMHB, Destinasi Wisata Nasional Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai