Tuesday, 4 October 2016

Ditemukan Setengah Hektar Ladang Ganja

Di Seberang Musi

TKP: Jajaran Polres Kepahiang saat berada di lokasi ladang ganja di Desa Air Selimang. Foto: Toni Radar Pat Petulai.
KEPAHIANG RPP – Jajaran Polres Kepahiang Senin (3/10) berhasil menemukan setengah hektar ladang ganja di kawasan Bukit Sanggul Desa Air Selimang Kecamatan Seberang Musi. Penggerebekan lahan dipimpin langsung Kapolres Kepahiang AKBP Ady Savart SP SIK bersama sekitar 30 personel. Selain ladang ganja, polisi juga berhasil membekuk terduga pelaku sebanyak enam orang, empat orang merupakan satu keluarga warga Desa Air Selimang Uj alias Gerutak, Hi, Fe dan An. Mereka dibekuk di kawasan berbeda Senin (3/10) sekira pukul 04.00 WIB. Sementara dua lainnya Ha dan To berhasil diamankan jajaran Polsek Kepahiang.

Untuk sampai ke lokasi, polisi harus menempuh perjalanan selama 6 jam dengan berjalan kaki. Selain kondisi medan yang menanjak dengan lahan cukup miring, anggota juga harus menyeberangi sungai yang cukup besar dan berarus deras.

Terungkapnya ladang ganja itu sendiri bermula saat polisi mengamankan pelaku pencurian kendaraan bermotor Uj alias Gerutak. Saat melakukan pemeriksaan terhadap pelaku didapati barang bukti berupa ganja dalam bungkusan siap edar. Setelah dilakukan pengembangan polisi berhasil mengamankan Ha di Desa Air Selimang dan kemudian melakukan pengerebekan di kediaman Uj dan Ha anggota dan berhasil menemukan senjata api. Selain mengamankan 6 orang terduga pelaku, kepolisian juga berhasil menyita 200 batang ganja di lahan milik Ha serta senjata api dan tiga unit sepeda motor yang digunakan untuk beraktivitas.

Informasi diperoleh, Ha berperan sebagai distributor menyuplai barang kepada Uj alias Gerutak kemudian Uj berperan untuk menyampaikan barang harang kepada kaki tangan yang bertugas mengedarkan barang tersebut kepada para konsumennya. Mereka diduga jaringan pengedar ganja untuk wilayah Kabupaten Kepahiang dan sekitarnya, karena aparat mendapati ladang ganjag yang disinyalir sebagai area penyuplai ganja di Kabupaten Kepahiang.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, namun dari informasi beredar baik di kalangan kepolisian maupun warga Air Selimbang bila para pelaku juga terindikasi sebagai pelaku kejahatan curanmor bahkan rampok.

Sementara Dir Narkoba Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Jefriedi MM sekitar pukul 19.30 WIB mengatakan beritanya akan diekspose Kapolda. "Nanti rencana saya akan diekspose Kapolda langsung berbarengan dengan rencana Kapolda untuk penyerahan rumah," ujar Dir Narkoba tanpa menyebutkan waktu eksposnya.

Sementara Itu, Kades Air Selimang, Saipin dikonfirmasi membenarkan jika di wilayahnya telah ditemukan ladang ganja seluas lebih kurang setengah hektar. Jarak ladang ganja itu diperkirakan 15 km yang tembus 6 jam dengan berjalan kaki. Ia juga mengakui, satu orang warganya yang diduga pemilik ladang ganja itu sudah diamankan. Sayangnya Kades tidak memberikan info secara detil siapa nama warganya yang diamankan tersebut. "Ya betul, di Desa kami ditemukan ladang ganja, saya sempat ke TKP diajak aparat. Untuk data lengkapnya silahkan tanya langsung ke Polres saja," singkat Saipin. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Ditemukan Setengah Hektar Ladang Ganja Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai