Thursday, 6 October 2016

Calon DOB Lembak Bisa Saingi Rejang Lebong

INILAH perbatasan antara Calon DOB Lembak dengan RL jika nanti benar-benar menjadi mekar. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Banyaknya potensi di wilayah calon Daerah Otonomi Baru (DOB) Lembak yang belum tergali, membuat ketua presidium pemekaran Lembak, H Andriyan Wahyudi SE sangat yakin jika Lembak mekar menjadi daerah otonomi maka mampu menyaingi Rejang Lebong (RL) yang merupakan kabupaten induknya.

Karena menurut Yudi, berdasarkan analisa yang dilakukan oleh konsultan perbandingan skor, antara RL dan Lembak dengan kondisi saat ini tidak jauh berbeda. "Konsultan melakukan skoring atau perhitungan untuk memetakan potensi kemampuan Lembak menjadi daerah otonomi. Ternyata dengan kondisi Lembak saat ini sudah memiliki skor 441 poin, sedangkan RL memiliki nilai 485. Kalau misalnya nanti Lembak menjadi daerah otonomi sudah pasti akan mampu melebihi skor RL itu," kata Yudi.

Mantan Ketua DPRD RL itu menjelaskan, beberapa potensi yang ada di Lembak sangat banyak dan sampai sekarag belum tergali secara maksimal. Mulai dari potensi pertanian, perkebunan, perikanan hingga ke pertambangan. Karena di Lembak juga terdapat potensi kawasan pertambangan galian C yang sangat melimpah, potensi minyak bumi, batu bara, nikel dan lain sebagainya.
"Potensi yang ada di wilayah Lembak sangat banyak, siapa yang tidak kenal wilayah Belumai sebagai sentra perikanan, kemudian perkebunan karet dan sawiti di mayoritas kecamatan di Lembak ini. Belum lagi kualitas kopi Bengko yang dari dulu sudah tidak diragukan lagi. Potensi pertambangan galian C, emas, nikel, batu bara dan minyak bumi di Kota Padang yang sudah di eksplorasi oleh PT Pertamina. Itu semua menjadi sebuah jaminan bahwa sebenarnya Lembak sangat siap untuk mekar dan bukan pembeban APBN," tegasnya.

Ia menambahkan, nantinya putra - putri terbaik Lembak yang selama ini banyak keluar daerah memungkinkan untuk kembali ke Lembak membangun daerahnya sendiri. "Sebenarnya sangat banyak putra - putri terbaik Lembak yang saat ini keluar Lembak. Kalau Lembak menjadi kabupaten, mereka akan kita berikan kesempatan sebesar-besarnya supaya membangun daerah Lembak. Karena Lembak sangat strategis, berbatasan langsung dengan Kota Lubuklinggau yang kemajuannya sangat pesat," tutup Yudi. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Calon DOB Lembak Bisa Saingi Rejang Lebong Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai