Thursday, 20 October 2016

Berantas Pungli di Rejang Lebong , Polres Bentuk Tim OTT

SIDAK: Waka Polres RL Kompol Ruri Roberto, SH, SIK, MTTA saat bertanya kepada masyarakat yang baru saja mengurus pajak kendaraan mengenai prilaku petugas kepolisian saat memberikan pelayanan. Foto: Dokumen Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Gerakan pemberantasan pungutan liar (pungli) juga dilakukan jajaran Polres Rejang Lebong. Rabu (19/10) sekira pukul 10.00 WIB, Waka Polres Rejang Lebong Kompol Ruri Roberto, SH, SIK, MTTA bersama Kasi Propam Iptu Gatot Harianto melakukan sidak ke Samsat dan tempat pelayanan SIM.
“Ini kita lakukan guna mendukung program pemberantasan pungutan liar terhadap pelayanan kepada masyarakat yang ada di institusi Polri. Sasaran sidak kita yaitu ke kantor Samsat dan tempat pelayanan SIM,” ujar Kapolres RL AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Waka Polres Kompol Ruri Roberto, SH, SIK MTTA kepada wartawan di sela-sela sidak.

Sebagai wujud keseriusan dalam turut memberantas pungli, Polres RL menurut waka juga sudah membentuk tim Operasi Tangkap Tangan (OTT). Tim ini nanti akan melakukan pemantauan di seluruh lini dan semua pihak, bukan hanya petugas kepolisian saja. "Kita tak main-main, siapapun akan kita sikat jika terbukti melakukan pungutan liar," tegasnya.

Sementara itu pantauan RPP, selain meninjau langsung proses pelayanan yang dilakukan anggota kepada masyarakat, waka juga melakukan pengecekan langsung dokumen pelaporan wajib pajak. Tak hanya itu, guna mengetahui apakah ada pungutan liar yang dilakukan anggotanya dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan, wakapolres juga menyambangi beberapa orang yang baru usai membayar pajak di luar kompleks Samsat.
“Sementara ini pengakuan masyarakat dan hasil pantauan kita belum ada indikasi pungli di samsat dan pelayanan SIM. Artinya, semuanya sudah sesuai prosedur. Tapi saya tetap mewanti-wanti kepada anggota agar selalu memberikan pelayanan yang prima ke masyarakat dan jangan coba-coba untuk melakukan pungutan liar karena bakal ada sanksi tegas," tandasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Berantas Pungli di Rejang Lebong , Polres Bentuk Tim OTT Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai