Monday, 17 October 2016

Awas, Banyak Lubang Menganga

BOLONG: Inilah kondisi jalan lintas Curup Lubuklinggau tepatnya di Kelurahan Talang Ulu yang amblas. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Bukan hanya longsor di Simpang Poak, Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah saja yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat untuk diperbaiki. Karena sejauh ini jalan lintas nasional Curup - Lubuklinggau juga banyak yang ambrol. Hal ini membuat para pengendara harus selalu waspada jika tidak ingin masuk ke dalam lubang menganga.

Pebelusuran RPP, sepanjang Kecamatan Curup Timur mulai dari Kelurahan Sukaraja hingga ke Talang Ulu saja terdapat lebih dari 10 titik jalan ambrol ke dalam drainase di bawah trotoar. Diantaranya di depan gerbang Kolam Renang Munatirta, di depan rumah mantan Anggota DPRD RL Feri Sonevil, di depan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Talang Ulu dan di depan SMP Terbuka.

Saat dikonfirmasi, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) RL Budianto, ST, MT mengaku sudah mengetahui kerusakan jalan tersebut dan mereka sudah melaporkannya ke Balai Jalan Nasional melalui Satkernya di Bengkulu. "Kita sudah membahasnya bersama dan menginformasikan supaya segera diperbaiki ke balai jalan nasional. Karena itu berada di jalan nasional dan menjadi kewenangan mereka untuk memperbaikinya," ungkap Budi.

Menurutnya, kerusakan tersebut diakibatkan karena derasnya air yang mengalir di dalam drainase. Sehingga bagian dinding drainase tidak kuat menahan derasnya air hingga kemudian ambrol. Lalu aspal yang ada diatasnya juga ikut amblas dan masuk ke dalam drainase.
"Dugaan kita jalan itu ambrol karena dinding drainase itu tidak kuat menahan derasnya air yang mengalir didalamnya. Sebenarnya waktu membuat dulu memang sudah diperkirakan bakal tidak tahan lama, karena drainase itukan panjang tidak ada pemecah alur. Karena tidak ada lahan untuk membuang air itu ke sungai meski sudah sepanjang itu. Belum lagi ditambah banyak sampah didalamnya, jadi dindingnya tidak kuat lalu ambrol dan jalan diatasnya ikut amblas," pungkasnya.

Kondisi ini juga dikeluhkan oleh pengguna jalan, Pian (29) warga Cawang Baru, Selupu Rejang. Menurutnya kondisi jalan ini sangat membahayakan pengendara, terutama di malam hari. "Terkadang pas di lubang itu kurang penerangan jadi kalau malam menghawatirkan sekali. Sudah itu yang amblas di depan SMP Terbuka itu disekitarnya juga aspalnya mulai ambrol, pasti tidak lama lagi bakal ikutan rusak, semoga cepat diperbaiki," harapnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Awas, Banyak Lubang Menganga Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai