Friday, 30 September 2016

Vonis Mati Sang Aktor Utama

CURUP RPP – Perjalanan panjang kasus Yuyun mencapai klimaks. Kamis (29/9) sekira pukul 15.00 WIB, lima terdakwa dewasa menjalani sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Rejang Lebong. Dalam putusannya, majelis hakim yang dipimpin Heny Faridha, SH, MH didampingi Hendri Sumardi, SH, MH dan Fakhrudin, SH, MH menjatuhkan vonis mati kepada terdakwa Zainal (23).

Sementara empat terdakwa lainnya masing-masing Bobi (19), Tomi (19), Faisal (19) dan Suket (19) dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Putusan ini menorehkan sejarah baru untuk Kabupaten Rejang Lebong sebab baru kali ini PN RL menjatuhkan vonis mati dalam persidangan.

Ketua Majelis Hakim, Heny Faridha, SH, MH dalam pembacaan putusan mengatakan terdakwa Zainal divonis mati karena merupakan aktor utama kasus pemerkosaan dan pembunuhap terhadap Yuyun. "Zainal aktor utama, sehingga putusannya berbeda dengan keempat terdakwa dewasa lainnya yang dijerat dengan 20 tahun penjara. Putusan majelis hakim sesuai dengan tuntutan tim jaksa penuntut umum pada sidang sebelumnya," terang Heny.

Dikatakan Heny, Zainal dijerat pasal berlapis dan bersifat komulatif dengan Pasal 340 KUHP Jo Pasal 80 ayat 3 UU No 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 76C UU RI No 35 tahun 2014 dan Pasal 81 (1) UU No 35 tahun 2014 Jo Pasal 76D UU RI No 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Selain itu, selama persidangan juga tidak ada saksi dan hal-hal yang meringankan terdakwa.

Dari persidangan diketahui jika Zainal merupakan bos dari para terdakwa lainnya dan terdakwalah yang mengajak 13 rekannya untuk memperkosa Yuyun saat pulang sekolah sendirian. Bahkan Zainal juga yang memukul Yuyun hingga pingsan sebelum diperkosa. Tak hanya itu, Zainal jugalah yang mengatur aksi perkosaan secara bergiliran oleh 14 orang pelaku. Termasuk yang mengatur pemerkosaan untuk kedua kalinya.

Parahnya lagi, Zainal juga yang kembali memukul leher sebelah kiri Yuyun sebanyak tiga kali dan menyuruh rekannya membuang mayat Yuyun ke jurang dan menyuruh menutupi tubuh Yuyun dengan dedaunan.

Menanggapi putusan ini, Kuasa Hukum kelima terdakwa yakni Kristian Lesmana, SH dan Bahrul Fuady, SH, MH mengaku masih pikir-pikir apakah akan melakukan banding atau tidak. Kendati demikian pihaknya menilai putusan majelis hakim sangat berat. "Kita akan pikir-pikir terlebih dahulu, sebab kita masih punya waktu 7 hari ke depan. Kita akan kordinasi dengan terdakwa dan pihak keluarga terkait langkah apa yang akan diambil,” singkat Kristian diamini Bahrul. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Vonis Mati Sang Aktor Utama Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai