Friday, 23 September 2016

Tingkatkan Kualitas Bibit Kentang Merah

PANEN kentang merah di BBI Bengkok. Terlihat Kepala Distan RL ikut serta memanen kentang merah.
DALAM rangka budidaya kentang merah yang menjadi produk unggulan Kabupaten Rejang Lebong (RL), Dinas Pertanian Kabupaten RL akan mengembangkan bibit kentang merah lebih luas lagi, dengan kualitas bibit yang lebih unggul, tahun 2017 mendatang.

Kepala Distan RL, Akhmad Rifai SP mengatakan, saat ini BBI Talang Tengah Bengko Kecamatan Sindang Dataran, hanya bisa menjaga bibit kentang merah agar tidak punah. Karena kentang merah hanya ditanam di wilayah BBI dan tidak bisa dikembangkan secara meluas, karena kualiatnya sudah menurun.
"Untuk saat ini, yang ditanam BBI Bengko bibit kentang merah yang tidak diketahui sejauh mana kualitasnya. Kalau yang sudah ditanam, berkualitas rendah. Namun BBI menanam kentang ini untuk menjaga tanaman khas kentang merah di RL," kata Rifai.

Produk kentang merah unggulan ini, lanjut Rifai, dalam 1 hektare memiliki produktivitas hingga 16 ton. Namun sekarang, kentang merah yang ditanam di BBI, produktivitasnya hanya 5 ton per hektare. "Produktivitas yang menurun ini karena kualitas bibit kentang merah sudah menurun. Serta tidak ditahui sudah bibit generasi ke berapa yang ditanam. Ke depan, akan kita sediakan bibit kentang merah yang lebih unggul," tambahnya.

Kemudian, pihaknya akan menggandeng pihak Unib dalam penyediaan bibit kentang merah yang lebih unggul. Melalui kerja sama ini nantinya, Distan RL akan mengembangkan kentang merah lebih luas lagi dengan kualitas yang lebih baik. Apalagi kentang merah cocok ditanam di Kabupaten RL. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tingkatkan Kualitas Bibit Kentang Merah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai