Tuesday, 27 September 2016

Perwira Kodim Irup di Sekolah, Tanamkan Nilai - Nilai Pancasila di Kalangan Pelajar

ARAHAN: Dandim 0409 RL, Letkol Kav Hendra S. Nuryahya, SH saat menjadi inspektur upacara di SMAN 04 Curup Selatan.  Foto: IST Radar Pat Petulai
CURUP RPP - Sesuai dengan instruksi Komandan Korem 041/ Gamas, unsur perwira Kodim 0409 Rejang Lebong, Senin (26/9) pagi menjadi inspektur upacara (Irup) di sekolah-sekolah. Seluruh jajaran perwira mulai dari Dandim, Kasdim, Pabung, Pasi Ter, Pasi Ops, Pasi Intel dan para Koramil ikut serta dalam upacara bendera di sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kodim 0409 Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten yakni Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

Dandim Letkol Kav Hendra S. Nuryahya, SH sendiri menjadi inspektur upacara di SMAN 04 Curup Selatan. Dalam arahannya, Dandim mengajak para siswa untuk kembali memaknai dan menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mempertebal iman dan taqwa, mengedepankan etika dan berkeadilan dalam pergaulan serta memegang teguh persatuan dan kesatuan.
"Keimanan, etika dan memegang teguh persatuan dan kesatuan akan mempersulit para penjajah yang ingin kembali memperdaya Bangsa Indonesia dengan menghancurkan para generasi muda. Sebab penjajahan saat ini lebih bersifat modern,” tutur Dandim di sela-sela amanatnya selaku inspektur upacara.

Penjajahan gaya baru itu menurut Dandim seperti mempengaruhi para pemuda dengan berbagai minuman keras, narkoba, seks bebas, geng motor, tawuran antar pelajar, konflik antar etnik dan antar agama dan sebagainya.

Masa remaja merupakan masa dimana rasa ingin tahu dan coba-coba sesuatu yang baru sangat besar. Dengan adanya perhatian serta pengawasan melekat dari semua pihak, maka generasi muda akan lebih memahami arti penting Pancasila dan implementasinya dalam kehidupan. "Karena itu kepada para pemuda dalam hal ini pelajar harus dilakukan antisipasi sejak diri agar tidak terjerumus. Dan salah satunya caranya dengan kembali mengajak para pelajar untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam setiap sendi kehidupan,” tandasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Perwira Kodim Irup di Sekolah, Tanamkan Nilai - Nilai Pancasila di Kalangan Pelajar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai