Sunday, 25 September 2016

Pemkab Rejang Lebong Kaji Kebun Teh Bukit Daun Jadi Objek Wisata

R A Denni
CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) ternyata saat ini tengah mengkaji salah satu potensi objek pariwisata baru, yakni Kebun Teh Bukit Daun di Kecamatan Bermani Ulu. Karena menurut Sekretaris Daerah (Sekda) RL R A Denni SH MM, potensi kebun teh untuk menjadi objek wisata itu sangat besar.

Apalagi jarak antara lokasi perkebunan teh tersebut dengan pusat Kota Curup tidak terlalu jauh, hanya sekitar 25 kilometer saja. Hanya saja menurut Sekda, akses jalan menuju kawasan itu masih butuh peningkatan lagi. "Kita masih mengkajinya, nanti kita bicarakan dulu dengan pihak PT Agro Tea Bukit Daun. Karena mereka yang mengelolanya, namun pada dasarnya di mana-mana kawasan perkebunan teh itu juga menjadi lokasi wisata," ungkap Sekda.

Selain itu, saat ini Pemda RL juga masih mengkaji Memorandum OF Understanding (MoU) dengan PT Agro Tea Bukit Daun terkait pemanfaatan lahan milik Pemda RL itu. Sehingga meskipun dikelola sepenuhnya oleh PT Agro Tea Bukit Daun, namun Pemda RL tetap mendapatkan masukan berupa Pendapatan Asli Daerah.
"MoU itu memang masih kita kaji untuk pengelolaanya, kita belum memutuskan mau bagi hasil atau sewa lahan. Selama ini hanya sewa lahan per hektar Rp 100 ribu per tahun, itu sangat kecil makanya nanti kita lihat dulu baiknya bagaimana. Mungkin akan lebih baik kalau bagi hasil, sehingga bisa mengikuti fluktuasi harga teh," pungkasnya.(yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pemkab Rejang Lebong Kaji Kebun Teh Bukit Daun Jadi Objek Wisata Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai