Tuesday, 27 September 2016

Lagi, Kurir Sabu ke Lapas Diringkus

Tersangka saat diamankan pihak berwajib. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Jajaran Polsek Curup kembali berhasil meringkus kurir sabu ke dalam Lapas Curup. Tersangka berinisial BY  (37) warga Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Tengah. Penangkapan berlangusng Minggu (25/9) sekira pukul 14.30 WIB di Jalan Bakti Osis 1 Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Kapolres RL AKBP Dirmanto, SH, SIK melalui Kapolsek Curup Ipda Sukardi, SH didampingi Kanit Reskrim Ipda M. Zuhdi usai melakukan penimbangan barang bukti di pengadaian Senin (26/9) sekira pukul 15.30 WIB mengatakan dari tangan tersangka berhasil diamankan barang bukti satu paket kecil sabu-sabu yang telah dilakban hitam di dalam saku jaket warna hitam sebelah kiri seberat 0,90 gram.

Sepeda motor Yamaha Mio Soul warna hitam merah BD 4348 HB dan satu unit handphone Nokia.
Menurut Kapolsek, tersangka sudah masuk target operasi sejak lama. Untuk mengelabui petugas, sehari-hari tersangka menjual ayam potong di pasar atas. Pada hari penangkapan, petugas mendapat informasi jika tersangka hendak mengantarkan sabu-sabu ke dalam Lapas. Anggota yang mengetahui informasi tersebut langsung melakukan pengejaran.

Begitu melihat tersangka, anggota langsung membuntuti dari belakang menggunakan mobil, sementara sebagian anggota berpencar mengendarai sepeda motor menutup kemungkinan lolosnya tersangka. Begitu mengetahui ada mobil yang mengikuti dari belakang, tersangka langsung langsung tancap gas. Sempat terjadi aksi kejar-kejaran. Namun lantaran jalan sudah ditutup oleh anggota, tersangka tak dapat dapat berkutik begitu mobil anggota menghadang laju kendaraannya.

Mulanya tersangka berpura-pura tidak tahu atas apa yang dituduhkan kepadanya. Namun saat dilakukan penggeledahan ditemukan bungkusan kecil yang ternyata sabu-sabu seharga Rp 700 ribu. Tersangka pun langsung digelandang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sukardi menjelaskan dari keterangan awal, tersangka mengaku disuruh oleh narapidana narkoba berinisial B untuk mengantarkan sabu-sabu ke dalam Lapas dengan imingan sabu-sabu. Rencananya tersangka hanya mengantarkan hingga ke depan pintu gerbang Lapas, setelah itu bakal ada yang mengambilnya. Kuat dugaan peredaran narkotika yang dikendalikan dari dalam Lapas masih saja terjadi. Maka dari itu pengembangan akan terus dilakukan. "Kita rencananya akan melakukan penggerebekan saat di kompleks Lapas. Tetapi saat diikuti di tengah perjalanan, tersangka mengetahui penyamaran anggota yang mengikuti menggunakan mobil. Makanya daripada target operasi berhasil lolos makanya kita langsung amankan," terang Sukardi.

Ditambahkan, dari keterangan tersangka Berades pula diketahui sabu-sabu tersebut dibeli dari bandar yang kerap disebut pakde. "Kita masih dalami siapa itu yang disebut Pakde dan apakah benar keterangan tersangka jika sabu-sabu tersebut dipesan oleh napi yang ada di dalam lapas," tandas Sukardi. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Lagi, Kurir Sabu ke Lapas Diringkus Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai