Wednesday, 28 September 2016

Denpom Razia Atribut TNI

Tampak salah seorang pengendara sepeda motor dihukum push up karena tidak mengenakan helm. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Sebanyak 20 personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) II/1 Bengkulu bersama Subdenpom II/1-1 Curup, Selasa (27/9) ) mulai pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB menggelar razia atribut TNI di Kabupaten Rejang Lebong. Razia dilakukan di tiga titik yakni di Jalan Ahmad Yani Depan Kolam Renang Munatirta, Jalan Merdeka depan GOR dan Jalan Jenderal Sudirman depan Graha Pena Harian Radar Pat Petulai (RPP).

Dalam razia ini, satu orang anggota TNI terjaring lantaran tidak memiliki SIM, sedangkan satu kendaraan roda empat dan empat pengendara sepeda motor dari kalangan sipil terpaksa melepas sendiri stiker TNI di kendaraannya.

Dandenpom II/1 Bengkulu Mayor CPM (K) Sri Intan Situmorang mengungkapkan razia ini digelar dalam rangka Pekan Disiplin yang merupakan bagian dari HUT TNI Ke – 71. Razia digelar selama sepekan di 9 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Rejang Lebong sendiri merupakan tempat ketiga yang dilakukan pekan disiplin.

Anggota Denpom II/1 Bengkulu bersama Subdenpom II/1-1 Curup saat melakukan razia atribut TNI. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
Meski di bawah guyuran hujan, pihaknya tetap melakukan razia terhadap anggota TNI yang tidak lengkap surat-surat kendaraannya dan juga kendaraan sipil yang menggunakan atribut TNI. Dari tempat pertama di Jalan Ahmad Yani berhasil didapat satu orang oknum TNI yang tidak memiliki SIM saat mengendarai sepeda motor, sehingga dilakukan tindakan tilang dan yang bersangkutan akan menjalani sidang di Otmil Palembang.

Selanjutnya razia di depan GOR tepatnya di jalan Merdeka Kelurahan Pasar Baru, didapati di bagian nopol Mobil Kijang ada stiker TNI termasuk di tangki minyak belakang. Pengemudinya bukan anggota TNI dan didata kemudian stiker tersebut dilepas. Razia kemudian bergeser kembali ke Jalan Jendral Sudirman. Di sini ada pengendara yang mengenakan kaos TNI dan langsung disita, sedangkan tiga pengendara lainnya di nopol motornya terdapat stiker TNI dan langsung dilepas. Tak hanya itu, atribut TNI yang diletakkan sebagai pajangan di dalam mobil juga diamankan. “Termasuk pengendara yang tidak menggunakan helm, kita sanksi dengan push up dan mematikan motornya dan melewati blokade petugas dengan cara didorong,” kata Dandenpom.

Ia menambahkan kegiatan pekan disiplin ini juga dilakukan menindaklanjuti banyaknya laporan yang masuk ke pihaknya modus penipuan yang mengatasnamakan TNI. “Maka dari itu, guna mengantisipasi agar tidak disalahgunakan maka atribut TNI tidak boleh dipakai sembarang orang. Meski anggota TNI, dikendaraan pribadinya tidak boleh ada stiker berlogo TNI, berbeda dengan mobil atau motor dinas TNI itu sah-sah saja. Terkadang masyarakat biasa menggunakan atribut TNI seperti baju kaos maupun jaket serta jas hujan TNI, makanya itu harus ditertibkan,” pungkasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Denpom Razia Atribut TNI Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai