Friday, 23 September 2016

Baru Lima Tersangka Dieksekusi

Dugaan Korupsi Proyek Pasar Atas
 
EKSEKUSI: Proses pelimpahan berkas dari penyidik Tipikor Polres RL kepada pihak kejaksaan. Tampak salah satu tersangka saat digiring ke mobil tahanan untuk selanjutnya dibawa ke Lapas Curup. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Kasus dugaan korupsi pembangunan Pasar Atas Curup tahun 2013 memasuki babak baru. Kamis (22/9) sekira pukul 14.30 WIB, lima dari 11 tersangka ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Rejang Lebong. Penahanan kelima tersangka ini dilakukan setelah jaksa menerima pelimpahan tahap kedua dari penyidik Tipikor Polres Rejang Lebong.

Kelima tersangka yang ditahan masing-masing EI (38) warga Kelurahan Talang Rimbo Lama Kecamatan Curup Tengah yang kini menjabat sebagai anggota DPRD RL. Saat proyek berlangsung EI bertindak sebagai kontraktor. Lalu Ha warga Kelurahan Talang Ulu Selaku kuasa pengelola anggaran (KPA), dua orang konsultan FS (38) warga Bengkulu dan EE (35) warga Kelurahan Talang Rimbo dan YA selaku pihak yang melakukan penandatanganan PHO.

Kajari Rejang Lebong, Eko Hening Wardono, SH mengungkapkan sembari menunggu jadwal persidangan di Pengadilan Tipikor Bengkulu, untuk sementara kelima tersangka dititipkan di Lapas Kelas IIA Curup.  "Kita memiliki waktu selama 21 hari guna mempersiapkan draf dakwaan untuk kelima tersangka, guna kepentingan penyidikan, kelima tersangka dititipkan ke Lapas Kelas IIA Curup," terang Eko.

Eko menjelaskan, kelima tersangka ini terbagi dalam empat berkas perkara. Masing-masing satu berkas untuk EI, satu berkas Ha, satu berkas YA dan satu berkas untuk FS dan EE. Disinggung pelimpahan 6 tersangka lainnya, Eko mengatakan akan segera menyusul. "Kita sudah siapkan tim jaksa sebanyak 4 orang yang akan menangani yakni Victoris Purba, SH, Muhammad Reza, SH, Novan Harpanta, SH dan Raden Dimas Hidayatullah, SH,” tandas Eko.

Enam Tersangka Segera Menyusul
Sementara itu, Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto, SH, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar, SH, SIK mengungkapkan berkas perkara sudah dinyatakan P21 sejak Desember 2015 lalu. Hanya saja pihaknya belum melakukan pelimpahan tahap II sebab masih menunggu petunjuk dari pihak kejaksaan. “Makanya setelah kejaksaan negeri memberikan petunjuk, kami langsung melakukan pelimpahan. Kita sudah melimpahkan berkas perkara 11 tersangka berikut 6 berkas perkaranya. Namun lantaran 2 berkas lagi masih dalam pendalaman makanya baru 4 berkas perkara berikut tersangkanya yang dieksekusi, sisanya akan menyusul," terang Chusnul.

Chusnul menambahkan proyek rehabilitasi Pasar Atas Curup tahun 2013 ini dikerjakan oleh PT. Zuti Jaya Mempawah dengan dana lebih kurang Rp 4 miliar bersumber dari APBN 2013 dari Kementerian Koperasi dan UKM. Namun, dalam pelaksanaannya pengerjaan proyek diduga tidak sesuai spesifikasi. Pada tahun 2015 kasus ini mulai diusut oleh unit pidana korupsi Polres RL.

Dari pengusutan terungkap indikasi korupsi yang dilakukan secara terorganisir. Ditemukan banyak item pengerjaan yang tidak sesuai RAB. Dalam mengusut kasus ini, penyidik juga memeriksa mantan Bupati RL dalam kapasitas sebagai saksi. Selain itu, petugas penyidik Polres RL juga memanggil 20 orang saksi untuk dimintai keterangan, seperti PPK, PPTK, bendahara, kontraktor pelaksana dan pengawas proyek. Dari hasil pemeriksaan terhadap 20 orang saksi tersebut, akhirnya penyidik polres menetapkan sebanyak 11 tersangka.

Santap Siang Sebelum Ditahan
PROSES pelimpahan hingga penahanan kelima tersangka ini berlangsung cukup lama. Pantauan RPP, penyidik Tipikor Satreskrim Polres RL bersama kelima tersangka tiba di kejari Sekira pukul 09.30 WIB. Bersama mereka tampak satu kardus berisi empat berkas perkara kelima tersangka yang akan dilimpahkan.
Setibanya di kejaksaan, penyidik bersama para tersangka langsung masuk ke ruangan aula kejaksaan. Saat bersama sembari satu orang tersangka yakni EI dilakukan pemeriksaan di ruang staf tipikor. Tak lama kemudian EI dikembalikan ke aula bergabung bersama rekannya yang lain.

Tampak di luar ruangan, puluhan wartawan menunggu hasil koordinasi penyidik Polres Rejang Lebong yang didampingi langsung Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar, SH, SIK dan Kanit Tipikor Ipda Aswani. Kerabat dan kolega para tersangka juga tampak berdatangan ke kejaksaan untuk melihat proses pelimpahan.

Karena waktu sudah memasuki jam makan siang, kelima tersangka bersama penyidik Satreskrim dan petugas kejaksaan pun menghentikan tahapan dan melakukan santap siang bersama di dalam ruangan aula. Barulah sekira pukul 14.00 WIB, mobil tahanan jaksa dikeluarkan dan menunggu di depan halaman kejari. Tampak Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Kanit Tipikor dan jajarannya mendahului keluar ruangan Aula, lalu disusul kelima tersangka yang langsung digiring ke mobil tanahan untuk dibawa ke Lapas Kelas IIA Curup. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Baru Lima Tersangka Dieksekusi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai